Bahasa

Kamis, 01 November 2012

Sejarah komputer


1.                   Awal komputer
Komputer berasal dari bahasa Latin, yang berarti Menghitung (to compute ), karena pada  awal pembuatannya omputer pertama dirancang dan digunakan untuk keperluan penghitungan. Inspirasinya diambil dari alat hitung tertua,  yaitu Abaccus (300 SM) atau yang lebih dikenal dengan Sipoa yang berasal dari Negeri Cina.
2.               2                   Komputer Elektronik
Howard G. Aiken, seorang doktor dari Harvard University (1937), bekerja sama dengan IBM (International Bussiness Machine Corp. ), berhasil membuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektro mekanik yang diberi nama Harvard Mark-1. Komputer generasi pertama ini berat totalnya sekitar 5 ton dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.
Komputer- komputer penciptaan awal kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann  yang disusulkan di awl tahun 1940-an oleh john Louis Von Neumann ( 1903 -  1957 ).konsep arsitekturnya adalah pembagian komputer menjadi 2, secara garis besar, yakni Memori dan prosesor, dimana data terletak didalam memory dan prosesor adalah yang meanmanipulasi data.
Arsitektur  ini menggambarkan komputer degan tiga bagian utama  : CPU dengan Arithmatic Logic Unit (ALU ) dan Control Unit, Memori, input Device dan output  Device  (yang dihubungkan melalui  I/O  port ). Antar bagian ini dihubungkan oleh system yang disebut bus.
Seorang ahli fisika bernama  John V . Atanasoft  bekerja sama dengan  Clifford Berry  dihargi karena menciptakan komputer  Elektronik digitalpertama    ( 1942 - 1973).Atanasoft- Berry computer (disebut ABC )  merupakan  komputer  yang pertama kali menggunakan teknik switching digital modern dan juga tabung hampa  tanpa switch. Komputer ini memperkenalkan konsep aritmatika  biner dan sirkuit logika.
Pada tahun 1943, ENIAC ( electronic Numerial  Integrator and Computer ) diperkenalkan sebagai komputer full electronic  pertama yang didesain turing- complete ( mesin yang memenuhi syarat), mampu diprogram ulang dengan mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis perhitungan.

 ENIAC mendapatkan pemberitaan yang luas karena ukuran-nya  yang sangat besar. Ia memiliki 17.468                    tabung vakum, 7200 Dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 100.000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 72 ton  dan ukurannya 2,4 m x0,9 m x30 m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar